Wednesday, 24 September , 2014
Breaking News
Home » Kuliah » Tugas » Apa itu Socket Programming ?
Apa itu Socket Programming ?

Apa itu Socket Programming ?

Pengertian Socket Programming
Socket adalah mekanisme komunikasi yang memungkinkan terjadinya pertukaran data antar program atau proses baik dalam satu mesin maupun antar mesin. Gaya pemrograman socket sendiri berawal dari sistem Unix BSD yang terkenal dengan kepeloporannya pada bidang penanganan jaringan, sehingga sering disebut BSD Socket. Socket pertama kali diperkenalkan di system Unix BSD versi 4.2 tahun 1983 sebagai kelanjutan dari implementasi protokol TCP/IP yang muncul pertama kali pada system Unix BSD 4.1 pada akhir 1981. Hampir setiap varian Unix dan Linux mengadopsi BSD socket.
Linux  menggunakan  paradigma  open-read-write-close.  Sebagai contoh, suatu aplikasi pertama harus memanggil open untuk menyiapkan file yang  akan  diakses.  Kemudian  aplikasi  tersebut  memangil  read  atau  write untuk membaca data dari pada file atau menuliskan data ke file. Setelah itu close dijalankan untuk mengakhiri aplikasi yang digunakan. Interface soket dalam berkomunikasi  bisa dilihat dalam gambar berikut :
socket_programming
Interface Socket Dalam Berkomunikasi Data
Di dalam kotak menunjukkan system call / function yang dibutuhkan  untuk  koneksi  /  komunikasi,  misalnya  socket(),  bind(), listen(), connect(), dll. Secara garis besar langkah – langkah yang dilakukan pada client dan server adalah sebagai berikut :
1.   Langkah – langkah dasar di client :
a)  Membuka koneksi client ke server, yang di dalamnya adalah :
•Membuat socket dengan printah socket()
•Melakukan pengalamatan ke server
•Menghubungi server dengan connect()
b)  Melakukan   komunikasi   (mengirim   dan   menerima   data), dengan menggunakan perintah write() dan read().
c)  Menutup hubungan dengan perintah close().
2.   Langkah – langkah dasar di server :
a)  Membuat socket dengan printah socket()
b)  Mengikatkan socket kepada sebuah alamat network dengan perintah bind()
c)  Menyiapkan socket untuk menerima koneksi yang masuk ke server dengan perintah listen()
d)  Menerima  koneksi  yang  masuk  ke  server  dengan  perintah accept()
e)  Melakukan  komunikasi  (mengirim  dan  menerima  data),  dengan menggunakan perintah write() dan read()
 socket_programming
Komunikasi Antar Sepasang Socket
 socket_programming
Client – Server Socket
Struktur Pengalamatan
Jaringan komputer dalam melakukan pengiriman data dapat diilustrasikan seperti pengiriman surat. Supaya surat dapat terkirim secara benar, maka alamat pengirim dan penerima harus tertulis dengan jelas dan lengkap.
Begitu juga dengan koneksi di socket, diperlukan variable yang dipakai untuk menyimpan address clent dan server. Variable yang dipakai berupa structure sockaddr dan sockaddr_in pada include socket.h di direktori /usr/include/sys. Address ini akan dipakai pada waktu melaukan connect(), bind(), dan accept().
Referensi :
http://searchglobalonline.blogspot.com/2013/02/pengertian-socket-programming-dan-mutex.html
==================
Rizal Kurnia Rohman
18212015

Orang Keren Ninggalin Komentar

About Rizal Kurnia Rohman

Seorang Mahasiswa biasa di STI ITB. Berasal dari keluarga sederhana di Lampung Timur. Insya Allah akan terus menjadi seorang pembelajar dan bertahap menuju kesuksesan dunia dan akhirat. ---> Berilmu, Entrepreneur and Internet Marketer? Why Not? --> "Semoga Allah Memberikan Kemudahan ... " --> SMS/WA : 08576 6897 8610 | pin BB : 7D5BB23A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge